1. Pokok Bahasan : Remaja dan Pergaulan Bebas
2.
Sasaran : ± 70 Remaja SMP Muhammadiyah Sempor Kelas VII, VIII, IX
3.
Waktu : 60 Menit
4.
Tanggal : 17 Mei
2013
5.
Tempat : SMP Muhammadiyah Sempor
Setelah dilakukan penyuluhan selama 1 x 60 menit,
di harapkan Peserta didik dapat mengetahui
tentang remaja dan pergaulan bebas.
II.
Tujuan
Instruksional Khusus :
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 1 x 60 menit
diharapkan peserta didik mampu:
1.
Menyebutkan
kembali dan memahami tentang pengertian remaja
2.
Menyebutkan
kembali dan memahami tentang faktor yang
mempengaruhi pergaulan pada remaja
3.
Menyebutkan
kembali dan memahami tentang dampak yang
terjadi apabila remaja melakukan seks
bebas.
III.
Pokok
Materi
1.
Pengertian
Remaja
2.
Proses tumbuh
kembang remaja
3.
Tanda-tanda
pubertas
4.
Pengertian
pergaulan bebas
5.
Penyebab terjadinya
pergaulan bebas
6.
Dampak dari
pergaulan bebas
7.
Solusi untuk
menyelesaikan masalah pergaulan bebas
IV.
Kegiatan
Belajar Mengajar
a)
Metode : Ceramah dan tanya
jawab
b)
Strategi
Pelaksanaan :
Jam / waktu
|
Tahap
|
Respon Remaja
|
Penanggung
Jawab
|
15 menit
|
Orientasi
1.
Memberi Salam
2.
Mengingatkan Kontrak
3.
Menjelaskan maksud
dan tujuan
4.
Menanyakan kesediaan
5.
Apersepsi
|
1.
Menjawab salam
2.
Peserta didik ingat
dengan kontrak waktu
3.
Kooperatif,
4.
Peserta didik siap
5.
Peserta didik belum mengetahui
tentang remaja dan pergaulan bebas
|
Putri
Puspitasari dan Arum Nur Jannah
|
25 menit
|
Kerja
1.
Menjelaskan
tentang pengertian Remaja
2.
Menjelaskan
mengenai proses tumbuh kembang remaja
3.
Menyebutkan
dan menjelaskan tanda-tanda pubertas
4.
Menjelaskan pengertian
pergaulan bebas
5.
Menyebutkan
serta menjelaskan penyebab terjadinya pergaulan bebas
6.
Menjelaskan
dampak dari pergaulan bebas
7.
Memberikan
solusi untuk menyelesaikan masalah pergaulan bebas
|
Peserta didik memperhatikan dan menyimak.
|
Nur Hikmah R dan Reni
Apriliati
|
20 menit
|
Terminasi
1.
Memberikan Video motivasi untuk remaja
2.
Memberikan kesempatan
kepada audiens untuk bertanya.
3.
Melakukan Evaluasi
materi Pembelajaran
4.
Memberikan Reward,
ada tiga bingkisan berupa alat tulis.
5.
Memberikan Kontrak
Perilaku.
6.
Memberikan salam
penutup
|
1.
Menyimak
2.
Peserta bertanya
3.
Peserta didik mampu
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyuluh
4.
Menjawab salam
|
Putri Puspitasari
dan Arum Nur Jannah
|
V.
Media dan sumber
Media : Power Point dan Penjelasan
tentang materi
VI. Rencana
Evaluasi
a. Evaluasi
Persiapan
1.
Materi
sudah siap dan dipelajari 1 minggu sebelum penyuluhan
2.
Media sudah siap 1 minggu sebelum penyuluhan
3.
SAP sudah siap 1 minggu sebelum penyuluhan
b. Evaluasi proses
1.
Apakah
100 % peserta didik datang tepat waktu?
2.
Apakah
peserta didik memperhatikan penjelasan penyuluh?
3.
Apakah
peserta didik aktif bertanya atau memberikan pendapat?
4.
Apakah
media dapat digunakan secara efektif?
5.
Apakah
penyaji dapat menguasai materi?
6.
Apakah
penyaji kooperatif dan aktif bertanya pada peserta?
c.
Evaluasi Hasil
Menggunakan post test diharapkan:
1.
Audiens
mampu menyebutkan pengertian remaja
2.
Audien mampu menyebutkan kembali penyebab
dari pergaulan bebas
3.
Audien
mampu menyebutkan kembali dampak dari pergaulan bebas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar